Selasa, 13 November 2012

jika mikroskop kurang terang

pernahkah teman-teman merasa mikroskop sudah tidak seterang sewaktu masih baru dulu pada lapang pandangnya?
dalam komponen elektrik mikroskop biasanya sudah dilengkapi regulator yang berfungsi menstabilkan tegangan listik yang menyuplai bohlam/lampu ketika tegangan input naik turun.

jika mikroskop dirasa sudah kurang terang ada baiknya teman-teman mencoba memeriksa dan membetulkan sendiri mikroskopnya. jika masih ragu atau takut bongkar saja mikroskop yang sudah tidak digunakan.
biasanya komponen elektrik mikroskop dirancang supaya tidak mudah rusak, ketika bohlam masih mau menyala maka perhatikan lensa yang berada dekat dengan bohlam, apakah ada yang berbeda? apakah kelihatan seperti ada kabut?

membersihkan dari bagian luar tentu mudah, tapi bagaimana jika kotor/kabut berada didalam? tentu saja harus dibongkar. siapkan peralatan kecil yaitu obeng, tang, dan kunci L, peralatan tersebut dapat diperoleh di toko elektronik/onderdil elektronik.

jika masih ragu-ragu tidak bisa memasang part seperti semula maka potret saja dulu setiap part sebelum dilepas, jika teman-teman sudah bisa melakukan bongkar pasang sendiri tentu akan gampang saja membersihkan kabut yang ada.

demikian silahkan dicoba, semoga bermanfaat yak....salam saya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar